Keindahan Ekosistem Karst Green Canyon

Pesona Hijau Tosca di Green Canyon

Sekilas Green Canyon

Awalnya Green Canyon bernama Cukang Taneuh, berasal dari bahasa Sunda yang artinya adalah “jembatan tanah”. Disebut jembatan tanah karena disini terdapat jembatan alami yang dibentuk alam dan berfungsi menghubungkan 2 tebing diatas sungai Cijulang, jembatan inilah yang sering digunakan para petani dan masyarakat setempat untuk menyebrang dari sisi tebing yang satu ke sisi tebing yang lain.

Nama Green Canyon sendiri di komersilkan oleh warga negara asing berkebangsaan Perancis. Airnya yang jernih berwarna hijau kebiru-biruan, dinding tebingnya yang juga di dominasi oleh tumbuhan-tumbuhan alami berwarna hijau, serta rimbun nya dedaunan yang berasal dari pohon yang tumbuh disepanjang tebing, adalah alasan kenapa tempat yang begitu menakjubkan ini disebut Green Canyon.

Pemandangan indah dari ornamen dinding serta bebatuan alami yang tertata rapi hasil karya alam, menjadi alasan mengapa Green Canyon tidak pernah sepi dari wisatawan.

Lokasi

Berjarak kurang lebih 31km dari Pantai Pangandaran, tepatnya berlokasi didesa Kertayasa, Kecamatan Cijulang Ciamis Jawa Barat, sekitar 45 menit menempuh perjalanan dari Pantai Pangandaran. Untuk mencapai lokasi Green Canyon, wisatawan harus melanjutkan perjalanan dengan menyewa perahu dari dermaga Cukang Taneuh.

Body Rafting

Apa itu Body Rafting?
Seperti kita tahu bahwa “Rafting” adalah sebuah aktivitas mengarungi aliran dan jeram sungai dengan menggunakan perahu karet. Namun dalam aktivitas Body Rafting kita mengikuti aliran sungai tanpa menggunakan perahu, menghanyutkan tubuh mengikuti aliran air di sungai adalah yang dimaksud dengan aktivitas "Body Rafting".

Namun aktivitas body rafting yang kita lakukan lebih bersifat Fun Activity, artinya arus sungai yang kita lalui bukanlah arus yang deras dan berbahaya. Dengan dilengkapi perlengkapan keselamatan lengkap seperti life jacket (rompi pelampung), helm, sepatu khusus air, tentu aktivitas ini sangat aman, nyaman dan menyenangkan untuk dilakukan oleh siapa saja. Tidak perlu harus bisa berenang untuk dapat ikut dalam wisata body rafting.

Para wisatawan akan dikawal oleh para guide lokal yang cukup ahli dalam menjaga kenyamanan dan keselamatan selama kegiatan. Jumlah guide pun disesuaikan dengan jumlah orang dalam grup. Setiap lima sampai dengan enam orang di pandu dan dikawal oleh dua orang pemandu, cukup aman kan?

green canyon
Menghanyutkan tubuh mengikuti arus dan jeram air disungai adalah yang disebut dengan aktivitas Body Rafting.


Semi Body Rafting

Berbeda dengan “Full Body Rafting”, semi body rafting dimulai dengan menaiki perahu menuju lokasi Green canyon. Setelah sampai di Lokasi Green Canyon dimana perahu tak lagi dapat melewati alur sungai yang sempit, disanalah wisatawan mulai terjun kedalam air untuk merasakan jernihnya air disini. Wisatawan akan dipandu oleh guide lokal untuk menyusuri lebih jauh kedalam alur sungai yang diapit oleh 2 tebing yang tinggi dan indah ini. Perjalanan menyusuri air dan berjalan diatas bebatuan sejauh kurang lebih 1 km akan mengantarkan kita ke “Kolam Putri” sebagai titik finish kegiatan semi body rafting.

Kolam Putri adalah kolam yang terletak disisi tebing diketinggian sekitar 7 m dari permukaan sungai. Dibutuhkan usaha memanjat tebing untuk dapat melihat dan merasakan langsung air jernih yang terdapat dikolam ini. Menurut kepercayaan masyarakat setempat, membasuh wajah dikolam ini dapat membuat kulit wajah lebih bersih, bercahaya dan awet muda.

Dari tempat ini kita kembali ketitik awal dimana perahu berhenti menurunkan kita pada awalnya tadi, dan akan diantar kembali ke dermaga sebagai akhir dari kegiatan Semi Body Rafting.

Paket Wisata Body Rafting Green Canyon hanya IDR 160 K per orang

Terjun Bebas dari Atas Bebatuan

Kegiatan ini dapat kita lakukan baik ketika mengikuti kegiatan Full Body Rafting maupun Semi Body Rafting. Banyak wisatawan yang tertantang melakukankan kegiatan yang memacu adrenalin ini.

Dengan tetap memakai rompi pelampung, tentunya kegiatan ini sangat aman untuk dicoba. Sebagian wisatawan beranggapan ini adalah selebrasi dari puncak kegiatan Body Rafting.Selamat Mencoba!

Tips Wisata Green Canyon

Memilih waktu yang tepat

Akan lebih lebih nyaman menikmati wisata di Green Canyon diluar musim liburan atau high season. Karena banyaknya wisatawan yang ingin mendatangi tempat ini, setiap week end dan musim liburan, akan sangat ramai wisatawan yang berkunjung ke lokasi ini.

Apabila hujan cukup deras di musim penghujan, air akan terlihat keruh, bahkan debit air meningkat,biasanya pengelola menutup lokasi ini untuk kegiatan Body Rafting apabila debit air mencapai titik terentu. Oleh karena itu musim kemarau adalah saat yang sangat tepat untuk menikmati lokasi ini.

Pakaian yang sesuai

Hindari menggunakan celana panjang yang bukan untuk berenang apalagi berbahan jeans, karena akan membuat anda tidak nyaman melakukan kegiatan ini. Gunakanlah pakaian yang berbahan nyaman yang tidak membuat anda berat dan sulit bergerak selama didalam air. Tentunya pakaian khusus olahraga air akan lebih cocok digunakan selama melaksanakan Body Rafting.

Sediakan uang tunai

Belum terdapat ATM serta fasilitas Bank lain nya yang dekat dengan lokasi wisata Green Canyon. Untuk itu persiapkanlah dana cash yang cukup sebelum mendatangi tempat ini.


Perlengkapan

Pakaian ganti tentunya wajib anda persiapkan setelah basah-basahan. Bila memiliki kamera tahan air wajib dibawa untuk mengabadikan momen-momen terbaik dengan latar belakang keindahan alam Green Canyon yang menakjubkan. Kamera biasa, hand phone, dan perlengkapan lain yang harus terhindar dari air dapat anda titipkan di dry bag yang telah dipersiapkan oleh pemandu body rafting.

Kondisi Fisik yang Prima

Karena lamanya waktu berendam di air, tentunya dibutuhkan fisik yang sehat agar tidak ada kendala dalam mengikuti kegiatan ini. Tidur yang cukup dan sarapan sebelum melaksanakan aktivitas body rafting wajib kita lakukan agar fisik lebih fit sampai dengan aktivitas body rafting berakhir.

Fasilitas Wisata

Rumah Makan dan Pedagang Souvenir

Dilokasi Green Canyon telah banyak berdiri rumah makan yang siap menjadi tujuan utama setelah lapar karena berlama lama didalam air.Banyak juga para pedagang yang menjual barang barang khas bertuliskan Green Canyon untuk oleh-oleh dan cendramata yang bisa anda jadikan buah tangan bagi teman dan keluarga.

Hotel dan Penginapan

Hotel dan penginapan di Batu Karas adalah yang terdekat yang bisa di jangkau dari Lokasi Green Canyon, hanya dalam waktu 15 menit kita sudah bisa sampai di Pantai Batu Karas. Namun hotel dan penginapan di Pantai Pangandaran pun sebenarnya masih relatif dekat untuk menjadi pilihan tempat menginap.

Peta Lokasi Green Canyon



green canyon logo

Green Canyon

Adventure Journey & Fantastrip

Green Canyon Adventure Journey - Memberikan layanan paket wisata lengkap di berbagai destinasi Pangandaran - Green Canyon, dengan fasilitas wisata Hotel, Kendaraan, Makanan & Pemandu

1 komentar:

  1. wihh nice info
    kunjung balik, di web kami banyak penawaran dan tips tentang kesehatan
    Ada artikel menarik tentang obat tradisional yang mampu menyembuhkan penyakit berat, cek yuk
    Golden Gamat Endokarditis
    Golden Gamat Tumor Ganas
    Golden Gamat Obat Tumor Payudara

    BalasHapus