Batu Karas, Pantainya Peselancar

Berselancar di pantai Batu Karas

Pantainya Para Peselancar, Sangatlah mudah menemukan lokasi pantai Batu Karas, ± 12 km dari Green Canyon dan ± 34 km dari Pangandaran anda akan mendapati suasana pantai yang hening dan layak untuk berselancar. Ombak Batu Karas yang tidak terlalu ganas, sangat cocok bagi para peselancar pemula hingga menengah. Tidak suka berselancar? jangan kuatir, di Batu Karas juga menyajikan banyak pilihan aktivitas, mulai dengan berenang, dengan ban atau body board, beraneka permainan water sport, Banana Boat, UFO Boat dan lainnya juga menarik jadi alternatif kegiatan untuk dicoba.

Pantai Batu Karas, Pangandaran

Jika Pangandaran lebih dikenal dengan pantai gemerlap, pantai yang sibuk dengan berbagai macam aktivitas pariwisata, hotel dan cottage bertingkat, hiruk pikuk para pedagang dan pembelinya lengkap dengan berbagai macam jenis musik yang terdengar disepanjang jalan dan lampu warna-warni sepeda beraneka bentuk, dari sepeda tunggal hingga model mobil VW kodok. Semua kisah diatas berbanding terbalik dengan pantai Batu Karas yang masih hening dan sunyi, yang terdengar dominan adalah hantaman keras ombak-ombaknya menuju pantai.

Sorganya para Peselancar dan Pasangan

Pasir pantai Batu Karas hitam, tidak berpasir putih. Namun kondisi lingkungan sekitar pantai masih alami dan bersih. Meskipun ombaknya cocok untuk berselancar, karakter pantainya landai dan datar dan sangat aman dan nyaman sebagai tempat bermain untuk anak dan keluarga anda.

Pantai Batu Karas sudah populer di kalangan peselancar, nasional maupun internasional. Jadi tidak asing jika di pantai ini terlihat lebih banyak turis asing, bahkan jika dibandingkan dengan pengunjung di Pangandaran. Menjadi pilihan mereka karena suasana pantai dan lingkungannya yang sepi dan tidak bising untuk dijadikan destinasi utama berwisata tenang dari hiruk pikuk para pelaku pariwisata. Kondisi tersebut sudah pasti sangat tepat bagi pasangan nikah untuk acara wisata atau honeymoon.

turis asing lebih mengenal pantai ini

Situs pemindai spot berselancar internasional, Wannasurf.com memberikan nilai rating sebesar 3,5 dari nilai 5 tertinggi untuk ombaknya pantai Batu Karas, disebutkan dengan kategori "FUN", yang berarti ketinggian ombaknya sangat cocok bagi para peselancar pemula hingga menengah. Sedangkan bagi peselancar level mahir atau profesional, ombak di Batu Karas terasa kurang menantang untuk ditaklukkan.

Tiga Spot Utama bagi Peselancar

Karang, Legok Pari dan Bulak Pendak. Bagi anda yang belum pernah berselancar, jangan berkecil hati karena Legok Pari adalah lokasi yang paling aman dan ombaknya tidak terlalu tinggi, dengan paket Surf Lesson sepuasnya sampai bisa anda berselancar disini. Para profesional memilih Bulak Bendak sebagai lokasi favorit, gelombang lautnya bisa menciptakan dinding lebar dan tinggi, dan untuk mencapainya harus menggunakan perahu.

Peselancar Batu Karas

Jika di Pangandaran, kita sering menjumpai pemandangan bapak-bapak nelayan dengan topi caping, kaos lengan panjang dan menawarkan jasanya untuk menggunakan perahu wisata. Di pantai Batu Karas, pemandangan umumnya adalah para peselancar lokal dewasa bahkan anak-anak dengan bertelanjang dada, celana hawai dan berkulit keling. Berselancar bagi mereka sudah menjadi budaya baru untuk digeluti sebagai hobby maupun profesi, seiring dengan beberapa kontes dan festival surfing yang digelar, kemampuan menjadi surf coach bisa jadi pilihan hidup berikut dengan pertumbuhan toko-toko dan jasa persewaan peralatan selancar.

Watersport Batu Karas

Masih banyak pilihan lainnya di pantai Batu Karas selain berselancar, berenang dengan menyewa ban atau body board tak kalah menariknya, khususnya bagi anak-anak dan keluarga. Tersedia juga aneka permainan air seperti Banana Boat, UFO Boat yang umumnya di jual per paket, tiga permainan untuk satu tarif biaya.

Aneka permainan air di Batu Karas

Menjelang senja, anda bisa menyaksikan aktivitas nelayan setempat menangkap ikan. Dengan format beregu dengan teknik jaring tarik. Secara singkat perahu membawa jaring ke tengah laut, disamping bertugas menempatkan jaring juga menggiring ikan agar masuk ke jaring. Teknis berikutnya jaring akan ditarik dari dua sisi oleh regu yang berada di darat dan mendapatkan keberuntungannya dengan banyak ikan terjaring.

Jaring Tarik Nelayan Batu Karas

Pemandangan tersebut sangat menarik, khususnya bagi orang-orang kota yang tidak mengenal bagaimana nelayan bekerja memancing ikan. Mengenal lebih dekat kehidupan nelayan setempat sekaligus ruang bersosialisasi, jika bersedia membantu menarik, mereka dengan senang hati menerima dan memberi ruang. Jika cukup bagus hasil tangkapannya, membeli sekedarnya untuk acara bakar-bakar ikan di penginapan.... seruuuu kannn..

Fasilitas Wisata Pantai Batu Karas

Jalan dan Lahan Parkir yang Memadai Menuju Batu Karas dari Green Canyon, anda akan melewati persawahan dan perkampungan penduduk. Meski jalan tidak cukup lebar, semua jenis kendaraan termasuk Bus Besar dapat memasuki kawasan pantai. Di dekat Legok Pari sudah tersedia lahan parkir yang cukup luas untuk parkir kendaraan anda.

berselancar menunggu sore

Belanja dan Sewa Peralatan Surfing Belanja untuk oleh-oleh disediakan terpusat di area, para pedagang selain persewaan peralatan untuk aktivitas bermain air tidak diperkenankan memasuki kawasan pantai. Untuk para pemula, jangan kuatir.. anda tidak saja bisa menyewa papan selancarnya, tetapi bisa minta untuk didampingi sampai bisa. Sekedar gambaran biaya, perorangnya mengeluarkan sebesar IDR 200K sampai bisa. Jika menggunakan paket wisata kami dan menginap di Pondok Cowet, anda akan mendapatkan 2 (dua) papan selancar gratis

Penginapan dan Hotel Tidak cukup banyak penginapan atau hotel di Batu Karas, rata-rata menyediakan dibawah 30 kamar. Untuk rombongan dalam jumlah besar (diatas 50 orang) pilihan fasilitas yang memadai tersedia di Pangandaran.

Makanan dan Kuliner Setiap hari, tersedia beberapa restauran yang menyediakan sea food atau kuliner lokal. Namun akan tutup pada sore hari. Untuk memenuhi kebutuhan makan malam bisa dengan cara memesan nasi kotak/bungkus atau makan di restauran hotel.

Harga Tiket Masuk Batu Karas

  1. Pejalan Kaki 1 (satu) Orang Rp. 1.500,-
  2. Sepeda Motor Rp. 3.900,-
  3. Kendaraan Jenis Jeep/Sedan Rp. 9.200,-
  4. Kendaraan Jenis Carry Rp. 17.200,-
  5. BUS Kecil Rp. 32.700,-
  6. BUS Sedang Rp. 49.500,-
  7. BUS Besar Rp. 80.500,-

Peta Lokasi Pantai Batu Karas

green canyon logo

Green Canyon

Adventure Journey & Fantastrip

Green Canyon Adventure Journey - Memberikan layanan paket wisata lengkap di berbagai destinasi Pangandaran - Green Canyon, dengan fasilitas wisata Hotel, Kendaraan, Makanan & Pemandu

0 komentar:

Posting Komentar