Wisata Bahari di Pantai Pangandaran

perahu laju menuju samudra Indonesia di Pangandaran

Pantai Pangandaran, pantai yang pernah dinobatkan sebagai pantai terbaik oleh salah satu situs international ini berada disebelah tenggara provinsi Jawa Barat, lokasi persisnya berada di Desa Pananjung, Kecamatan Pangandaran, Kabupaten Pangandaran, Provinsi Jawa Barat. Pantainya indah dan memiliki cukup banyak keistimewaan yang dimiliki Pangandaran, lokasinya berada di bagian Tanjung sehingga memungkinkan menyaksikan sunrise dan sunsite dari Pantai Timur dan Pantai Barat dalam satu hari yang sama. Pantainya landai dan air lautnya jernih, dengan jarak pasang surut yang relatif lama, sangat aman untuk berenang. Pangandaran juga memiliki pantai pasir putih dan Taman Laut yang mempesona, aktivitas underwater wajib dicoba di Pangandaran.

Tanjung adalah daratan yang menjorok ke laut, atau daratan yang dikelilingi oleh laut di ketiga sisinya. Tanjung yang luas disebut semenanjung. Tanjung adalah kebalikan dari teluk, dan biasanya keduanya dapat ditemukan pada suatu garis pantai yang sama.

Menuju Pantai Pangandaran

Pantai Wisata yang selalu ramai oleh kunjungan wisatawan nusantara maupun mancanegara ini dapat anda tempuh dari Jakarta dengan jarak 359 km dari kota Jakarta, kurang lebih 225 km dari kota Bandung dan sekitar 354 km dari kota Yogyakarta.

rombongan kantor yang sedang piknik di Pangandaran
Pantai Pangandaran tidak hanya dikunjungi oleh rombongan kecil (keluarga), sebagai lokasi gathering (rombongan besar) atau acara kantor sangat cocok untuk memilih Pangandaran sebagai tujuan destinasi wisatanya
Menurut catatan dinas Pariwisata, tahun 2013 jumlah wisatawan yang berkunjung ke Pantai Pangandaran sebanyak 1.552.153 orang, ini meningkat 11,05% dari tahun sebelum nya.

Dari Jakarta/Bandung, dengan kendaraan pribadi anda dapat menempuhnya selama 6-8 jam dengan jarak 358 km melalui rute Bandung - Tasikmalaya - Banjar - Pangandaran. Sebaiknya berangkat malam hari untuk menghemat waktu, berangkat dari Jakarta selepas pukul 21.00 dan sampai di pantai Pangandaran lebih pagi sambil menyongsong terbitnya Matahari di tepi pantai. Sediakan cadangan sopir untuk saling bergantian selama berkendara.

Angkutan Umum, Silahkan menggunakan Bus dari Kampung Rambutan Jakarta (358 km) langsung menuju terminal Pangandaran, berangkat setiap jam dari pagi hari. Dari Bandung sekitar 236 km, dengan Bus Budiman dengan rute Bandung - Tasikmalaya - Banjar - Pangandaran, pilihan lainnya adalah dengan Elf. Dari Yogyakarta 380 km naik Bus jurusan Yogyakarta-Cilacap-Kalipucang-Pangandaran

Jalur Udara Jakarta (Halim Perdana Kusuma - HLP) - Bandar Udara Nusawiru adalah solusi bagi wisatawan yang ingin mendatangi Pangandaran dengan menggunakan jalur udara, tersedia rute penerbangan Jakarta – Pangandaran dan Pangandaran – Jakarta dengan biaya berkisar Rp 800.000 sd Rp 1.000.000 dengan waktu tempuh kurang lebih 1 jam dengan menggunakan pesawat Susi Air.

Terdapat 7 kali dalam seminggu untuk penerbangan dari Jakarta-Pangandaran Return. Jarak dari Bandara Nusawiru menuju Pantai Pangandaran kurang lebih 26km. Namun belum tersedia angkutan umum dari bandara menuju Pantai Pangandaran. Sebaiknya para wisatawan menyewa kendaraan terlebih dahulu untuk jemputan di Bandara Nusawiru sebelum berangkat ke Pangandaran.

[Harga Sewa mobil berkisar Rp 400.000 sd Rp 500.000 per hari (exclude Bahan Bakar)]

Aktivitas Wisata di Pantai Pangandaran

Ada beberapa aktivitas wisata santai ataupun extrim yang dapat kita nikmati selama berada di Pangandaran, antara lain :

1. Berenang di tepi Pantai

Pantai Barat Pangandaran relatif aman untuk dijadikan tempat berenang di tepi pantai. Pantainya yang landai, ombaknya yang relatif kecil, serta jarak pasang dan surut yang lama membuat pantai ini banyak dijadikan wisatawan untuk berenang. Selain itu telah terdapat penjaga pantai yang selalu siaga menjaga keselamatan para wisatawan.

Snorkeling di Taman Laut
Kegiatan Snorkeling di Pangandaran tak kalah menarik, di lokasi Taman Laut Pantai Timur Pangandaran anda dapat menikmati pesona bawah lautnya

2. Bersepeda santai dan mengayuh Odong-odong

Banyak jasa penyewaan sepeda yang dapat kita gunakan sebagai salah satu aktivitas wisata selama di Pangandaran. Uniknya sepeda yang disewakan di Pangandaran adalah sepeda tandem dapat di kayuh bersama-sama, mulai dari 1 sampai dengan 4 pengayuh.
[Biaya sewa sepeda tandem Rp 25.000 s/d 35.000 per jam, tergantung jumlah tandem]

Odong-odong adalah kendaraan roda empat seperti mobil, yang dapat di kendarai oleh 4 (empat) penumpang, untuk menjalankan nya semua penumpang diharuskan mengayuh agar odong-odong dapat bergerak maju. Unik nya semua odong-odong di lengkapi lampu warna-warni yang membuatnya jadi terlihat meriah ketika malam hari.
[Biaya sewa odong-odong Rp 30.000 s/d 50.000, tergantung lama penggunaan nya]

3. Water Sport

Berlokasi di Pantai Timur Pangandaran, water sport yang ditawarkan antara lain : Banana Boat,,Buterfly, Big Mable, UFO dan Gladiator.

Watersport di Pangandaran
Beragam pilihan untuk kegiatan Water Sport di Pangandaran, seru, menantang dan mengguncang adrenalin

Pada dasarnya semua permainan di atas relatif sama, yaitu sejenis perahu karet berbentuk pisang, pesawat luar angkasa, dll yang ditarik oleh speed boat. Ada yang berisi 6 penumpang ada juga yang di isi hanya oleh 2 penumpang. Tentunya semua permainan air dilengkapi dengan perlengkapan keselamatan.
[Biaya per paket : Rp 150.000 ; dapat memilih 3 permainan air yang diinginkan]

4. Wisata Memancing

Masih bertempat di Pantai Timur Pangandaran, untuk pergi mancing dapat menyewa perahu nelayan setempat. Bagi wisatawan yang belum mempersiapkan perlengkapan mancing, dapat meminta bantuan nelayan untuk membantu menyiapkan perlengkapan dan umpan. Tidak perlu terlalu jauh untuk mencari spot yang baik untuk memancing, tidak jauh dari lokasi pantai putih terdapat spot yang banyak dihuni ikan Kerapu, Kue dan Garfish.
[Biaya sewa kapal nelayan Rp 500.000 sd Rp 750.000 dari pagi hari hingga sore hari sekitar pukul 18.00. Biaya ini sudah termasuk umpan dan peralatan Pancing]

5. Fun Game di pinggir pantai

Melakukan game-game ringan seperti volley pantai, sepak bola, atau berlari-lari kecil dipinggir pantai juga sering dilakukan para wisatawan untuk menghabiskan waktu di Pantai Barat Pangandaran. Dengan jarak pantai yang cukup luas sangat mungkin bagi para wisatawan melakukan banyak kegiatan fun game di pinggir pantai.

6. Menikmati Sun Rise dan Sunset

Memiliki dua sisi pantai Timur dan Barat, membuat pantai Pangandaran menjadi tempat yang paling cocok untuk dapat menyaksikan keindahan ketika Matahari terbit di pagi hari dan tenggelam di sore hari. Ini menjadi salah satu keunikan dari Pantai Pangandaran.
Sunrise Pantai Pangandaran
Karena berada di Tanjung, di Pangandaran bisa menikmati sunrise dan sunset pada hari yang sama di Pantai Timur dan Pantai Barat Pangandaran

7. Naik Perahu Wisata Keliling Samudra

Wisatawan dapat menyewa jasa perahu di Pantai Barat untuk melakukan perjalanan menuju pasir putih, atau menuju spot senorkeling untuk menikmati keunikan-keunikan lain dari kekayaan laut Pangandaran.
[Biaya sewa perahu berkisar Rp 20.000 sd Rp 40.000 per orang]

Fasilitas Wisata di Pangandaran

Pangandaran juga telah didukung oleh berbagai macam fasilitas untuk pelayanan terhadap para wisatawan yang datang ke Pangandaran, seperti sebagai berikut:

Pintu Gerbang dan Loket masuk Pantai Pangandaran

1. Kuliner dan Restoran

Telah banyak Restoran, Café, Rumah Makan yang tersebar di wilayah Pangandaran. Tentu saja sebagian besar restoran dan rumah makan di Pangandaran menyajikan makanan seafood sebagai menu andalan. Namun banyak juga Rumah makan yang menyajikan menu-menu lain seperti Khas Sunda, masakan padang, bahkan menu masakan western telah dapat kita jumpai di Pangandaran.

2. Hotel dan Penginapan

Terdaftar kurang lebih 100 tempat yang bisa dijadikan tempat menginap selama berkunjung ke Pangandaran. Baik Hotel, Guest House, Villa & Cottage, serta terdapat rumah penduduk yang dapat disewa untuk kebutuhan menginap para wisatawan. Dengan rate harga yang variatif sesuai dengan fasilitas dan service yang di tawarkan oleh tiap penginapan.
[Harga berkisar antara Rp 200.000 sd Rp 2.000.000,-]

3. Terminal

Dalam upaya meningkatkan pelayanan bagi para wisatawan yang ingin berkunjung ke Pangandaran dengan menggunakan kendaraan umum, Pemerintah daerah juga telah menyediakan Terminal Bus yang hanya berjarak kurang lebih 500 m dari sisi pantai Barat Pangandaran. Terdapat PO Bus antar kota dengan beberapa Trayek Tujuan yaitu Kampung Rambutan – Pangandaran, Terminal Cicaheum Bandung – Pangandaran, Yogyakarta – Pangandaran.

Bis Budiman
Cicaheum Bandung – Pangandaran non AC seat 3-2 Rp 58.000
Cicaheum Bandung – Pangandaran Ekonomi AC seat 3-2 Rp 63.000

Gapuraning Rahayu
Jakarta Kampung Rambutan – Pangandaran
Bisnis AC seat 2-2 - Rp 95.000

Budiman Mikro Bis (3/4)
Yogyakarta - Pangandaran (Bisnis AC seat 2-2) Rp 85.000

4. Airport

Bandar Udara Nusawiru adalah solusi bagi wisatawan yang ingin mendatangi Pangandaran dengan menggunakan jalur udara, tersedia rute penerbangan Jakarta – Pangandaran dan Pangandaran –dengan waktu tempuh kurang lebih 1 jam dengan menggunakan pesawat Susi Air.
[biaya berkisar Rp 800.000 sd Rp 1.000.000]

5. Pasar Tradisional & Swalayan

Pasar tradisional dapat dijumpai tidak jauh dari terminal Pangandaran, tepatnya di jalan Merdeka Pangandaran, bagi wisatawan yang ingin menetap lama dan memilih untuk menyediakan sendiri kebutuhan harian nya, dapat menemukannya di pasar tradisonal. Banyak juga swalayan yang tersedia di Pangandaran, bahkan ada beberapa swalayan yang buka 24 jam, ini sangat memudahkan wisatawan yang ingin memenuhi kebutuhan nya di malam hari.

6. Lahan Parkir

Selain lahan parkir yang telah disediakan oleh Pengusaha Hotel, pemerintah daerah juga telah menyediakan lahan parkir yang cukup memadai khusus bagi para wisatawan yang berkunjung tidak menginap. Namun sama hal nya dengan tempat tempat wisata lainnya, parkir akan terasa kurang apabila menghadapi musim liburan ataupun ketika berhadapan dengan even-even besar yang dilaksanakan di Pangandaran.

7. ATM dan Bank

Beberapa Bank telah berdiri dikawasan pangandaran untuk memfasilitasi para wisatawan yang membutuhkan transaksi perbankan, seperti BRI, BNI, Bank Mandiri, Bank Jabar. Juga terdapat beberapa ATM yang disediakan oleh BNI, BRI, Bank Jabar, BCA dan Mandiri.

8. Fasilitas Kesehatan

Untuk meningkatkan fasilitas di lokasi wisata Pangandaran, pemerintah telah menyediakan Puskesmas 24 jam yang selalu siaga untuk hal-hal tak terduga di lokasi Wisata Pangandaran.

Tiket Masuk Objek Wisata Pangandaran

Berikut informasi biaya atau harga tiket masuk ke Pangandaran termasuk dengan rincian biaya Wisata, Asuransi, Sampah dan Parkir.
1. Orang - Rp. 3.300
2. Motor - Rp. 7.500
3. Jeep - Rp. 19.500
4. Carry - Rp. 36.000
5. L300 - Rp. 51.500
6. Bis Kecil - Rp. 68.000
7. Bis Sedang - Rp. 106.000
8. Bis Besar - Rp. 172.000 [download tiket masuk Pangandaran]

Tiket Masuk Taman Wisata Alam Pangandaran

Hari Biasa: Rp. 15.000/orang
Hari Libur: Rp. 20.000/orang [download tiket TWA Pangandaran]

Peta Lokasi Wisata Pangandaran



Lokasi Wisata di Sekitar Pangandaran

Jika sudah menentukan Pangandaran sebagai tujugan wisata anda, ada baiknya pertimbangkan juga beberapa destinasi lainnya yang lokasinya berjarak tidak jauh dari Pangandaran.

1. Taman Wisata Alam & Cagar Alam Pananjung

Merupakan kawasan hutan dan bukit wisata yang membelah Pantai Barat dan Pantai Timur Pangandaran. Terdapat kekayaan Flora dan Fauna serta Gua Gua bentukan yang mengandung Legenda dan cerita-cerita ber abad silam.

Gua Karst di Taman Wisata Alam dan Cagar Alam Pangandaran
Salah satu Gua Karst di kawasan TWA Pangandaran, gua yang terbentuk karena proses alami

Berlokasi disebelah Utara Pangandaran, dan dapat ditempuh dengan berjalan kaki baik dari Pantai Barat maupun Pantai Timur Pangandaran. Dengan kekayaan dan keragaman nya TWA menjadi salah satu Lokasi favorit bagi para wisatawan yang berkunjung ke Pangandaran.

2. Pantai Batu Hiu

Berada di Desa Ciliang kecamatan Parigi, kurang lebih 14 km kearah selatan Pangandaran. Disekitar pantai tersusun tebing bebatuan yang cukup terjal menghadap ke Samudra Hindia. Wisatawan dapat menyaksikan keindahan laut ari atas tebing yang terdapat di Pantai Batu Hiu ini. Dari atas tebing kita dapat melihat Karang yang terbentuk mirip dengan Ikan Hiu, itu sebabnya pantai ini dinamakan Pantai Batu Hiu. [detail pantai Batu Hiu]

3. Green Canyon

Setiap Wisatawan yang berkunjung ketempat ini selalu punya cerita mengagumkan, baik karena keindahan dan ke eksotisan alamnya, maupun aktivitas Body Rafting nya yang seru dan menantang. Adalah aliran sungai Cijulang yang diapit oleh dua bukit bebatuan dan rerimbunan pohon yang tumbuh disepanjang pinggiran Bukit.

Cukang Taneuh Green Canyon

Airnya yang jernih dan berwarna Hijau ke biru-biruan yang mungkin membuat tempat ini bernama Green Canyon. Berjarak sekitar 31 km dari Pangandaran, kurang lebih setengah jam waktu yang diperlukan untuk mendatangi tempat ini.

4. Pantai Batu Karas

Berjarak sekitar 34 km dari Pantai Pangandaran, tepatnya di Desa Batu Karas, Kecamatan Cijulang. Pantainya yang Indah ombaknya yang dapat digunakan untuk berselancar, suasananya yang nyaman, serta akomodasinya yang cukup memadai, membuat sebagian wisatawan memilih untuk menetap dan bermalam di wilayah ini. Biasanya tempat ini dipilih wisatawan yang sengaja menjauh dari hingar bingar kehidupan pinggir pantai. Banyak wisatawan yang betah berhari-hari menghabiskan waktu liburnya di Pantai Batu Karas ini. [detail pantai Batu Karas]
green canyon logo

Green Canyon

Adventure Journey & Fantastrip

Green Canyon Adventure Journey - Memberikan layanan paket wisata lengkap di berbagai destinasi Pangandaran - Green Canyon, dengan fasilitas wisata Hotel, Kendaraan, Makanan & Pemandu

0 komentar:

Posting Komentar